Tips dan Trik Memasak Ayam Goreng yang Enak

Memasak Ayam Goreng yang Nikmat dan Menggugah Selera

Hello Sobat Rangkanarasi! Siapa yang tidak suka makan ayam goreng? Masakan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Apalagi bila ayam goreng tersebut disajikan dengan tekstur renyah di luar dan empuk di dalamnya. Bagaimana ya caranya memasak ayam goreng yang enak dan lezat? Berikut ini adalah tips dan trik untuk kamu yang ingin membuat ayam goreng yang nikmat dan menggugah selera.

Jangan terburu-buru saat memasak ayam goreng, Sobat Rangkanarasi. Pastikan ayam yang kamu gunakan sudah benar-benar matang di dalamnya. Hal ini dapat kamu cek dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam daging ayam, jika dagingnya sudah tidak ada cairan merah, berarti ayam sudah matang sempurna.

Sebelum menggoreng ayam, rendam terlebih dahulu dalam bumbu rempah selama minimal 30 menit. Bumbu rempah yang bisa kamu gunakan antara lain bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, dan merica. Dengan merendam ayam dalam bumbu rempah, akan membuat citarasa ayam lebih meresap dan bumbunya merata ke seluruh daging ayam.

Pilih minyak goreng yang baik untuk menggoreng ayam, Sobat Rangkanarasi. Gunakan minyak yang tahan lama saat dipanaskan dan tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi. Minyak goreng yang baik untuk menggoreng ayam goreng adalah minyak kelapa atau minyak sayur seperti minyak jagung atau minyak canola.

Jika ingin mendapatkan ayam goreng dengan kulit yang renyah, kamu bisa menggunakan tepung beras atau tepung maizena sebagai bahan pelapis. Setelah merendam ayam dalam bumbu rempah, gulingkan ayam dalam tepung beras atau tepung maizena hingga seluruh permukaan ayam terbalut dengan baik. Pastikan untuk menepuk-nepuk ayam agar tepung beras atau tepung maizena menempel sempurna.

Setelah menggoreng ayam, jangan lupa untuk meniriskan minyak yang berlebih dengan meletakkan ayam goreng di atas kertas minyak atau tisu dapur. Hal ini akan membuat ayam gorengmu menjadi lebih renyah dan tidak terlalu berlemak.

Agar ayam gorengmu tetap hangat dan renyah ketika disajikan, kamu bisa memanaskan oven terlebih dahulu dengan suhu sekitar 150 derajat Celsius. Setelah ayam diangkat dari penggorengan dan ditiriskan, kamu bisa memindahkannya ke dalam oven yang telah dipanaskan tadi selama beberapa menit.

Untuk memberikan aroma yang sedap pada ayam gorengmu, Sobat Rangkanarasi, kamu bisa menambahkan beberapa daun jeruk ke dalam minyak saat menggoreng ayam. Daun jeruk akan memberikan aroma yang segar dan lezat pada ayam gorengmu.

Saat menggoreng ayam, pastikan suhu minyak dalam keadaan panas yang cukup. Jika minyak tidak cukup panas, ayam gorengmu akan terlalu banyak menyerap minyak dan menjadi terlalu berlemak. Pastikan suhu minyak sekitar 170 derajat Celsius sebelum menggoreng ayam.

Setelah ayam goreng selesai dimasak, biarkan sejenak sebelum disajikan. Hal ini akan membuat daging ayam menjadi lebih empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna ke dalam daging.

Untuk memberikan tambahan rasa gurih pada ayam gorengmu, Sobat Rangkanarasi, kamu bisa menambahkan sedikit kaldu ayam bubuk ke dalam tepung bumbu. Kaldu ayam bubuk akan memberikan rasa yang lebih kaya pada ayam gorengmu.

Kesimpulan

Memasak ayam goreng yang enak dan lezat memang membutuhkan sedikit trik dan tips tambahan. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas, kamu dapat membuat ayam goreng yang nikmat dan menggugah selera. Jangan lupa untuk menyesuaikan bumbu dan rempah sesuai dengan selera pribadi. Selamat mencoba, Sobat Rangkanarasi!

Jumlah Ayam Bumbu Rempah Tepung Pelapis Minyak Goreng Suhu Minyak
1 ekor Bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, merica Tepung beras atau tepung maizena Minyak kelapa atau minyak sayur 170 derajat Celsius